AMAN Indonesia | The Asian Muslim Action Network ©2019

  • admin

Kontribusi Perempuan Sangat Kuat dan Bisa Bantu Pencegahan Terorisme Artikel ini telah tayang di


The Asian Muslim Action Network (AMAN) menyebutkan bahwa perempuan sangat mampu menjadi pelaku untuk mengatasi terorisme.


Ditemui pada saat acara Peacebuilders Forum 2019 di Gedung Widyaloka Kota Malang, Senin (26/11/2019) Ruby Kholifah Direktur AMAN mengatakan bahwa cara unik perempuan dalam menangani terorisme dan ekstrimisme di Indonesia merupakan isu yang tidak pernah dibahas di level nasional, sehingga AMAN tertarik untuk membahas isu tersebut.


"Banyak sekali pekerjaan rumah yang belum selesai,perempuan juga memiliki cara yang unik dalam menghadapi masalah itu, Inilah yang membuat AMAN tertarik," ujarnya.


Ruby mengatakan di telah ada laboratorium-laboratorium perempuan di Indonesia, seperti di Aceh,Palu, Ambon, dan juga di Papua.


Aman telah menangani kegiatan seperti riset dan pemberdayaan perempuan di 7 provinsi di Jawa,bahkan hingga sampai ke NTT dan Sumatera.


“Catatan yang rekonsialisasinya bagus itu ada di Papua,”ujarnya.


Selanjutnya Ruby menceritakan bahwa kontribusi perempuan di Asia tenggara sangat kuat, bisa dilihat di Indonesia saja banyak perempuan-perempuan yang tercatat dalam sejarah yang kuat dalam bidang sosial maupun humanisme.


"Kontribusi perempuan itu kuat banget loh Indonesia aja banyak kan perempuan - perempuan yang memperjuangkan humanity, sosial,dan juga mereka itu saling empowering,”paparnya.


Saya kira perempuan di Indonesia sangat siap untuk menghadapi hal ini. Karena dilihat dari history-nya, kontribusi perempuan kuat banget.


"Dibandingkan dengan South Asia, Indonesia memiliki sejarah perempuan-perempuan yang kuat dalam menegakkan humanity, sosial, bahkan empowering woman," papar Ruby.


Berdasarkan hal itulah Ruby yakin bahwa perempuan sebenarnya dapat menjadi pilar yang kuat untuk menghadapi masalah terorisme dan ekstrimisme di Indonesia.




Artikel ini telah tayang di suryamalang.com dengan judul Kontribusi Perempuan Sangat Kuat dan Bisa Bantu Pencegahan Terorisme, https://suryamalang.tribunnews.com/2019/11/26/kontribusi-perempuan-sangat-kuat-dan-bisa-bantu-pencegahan-terorisme.

Penulis: Bella Ayu Kurnia Putri

Editor: eko darmoko

9 views