AMAN Indonesia | The Asian Muslim Action Network ©2019

  • admin

Menyongsong 10 Agenda Politik Perempuan 2020-2024

Personal is Political. 



Demikian jargon feminist yang sering kali didengungkan. Maksud dari jargon tersebut berarti bahwa tidak ada yang personal yang tidak politis buat perempuan. Dalam pengertian bahwa segala pengalaman personal yang dialami perempuan berhubungan dengan suatu keputusan politik. Oleh karena itu, wajar kalau gerakan perempuan peduli dengan urusan berkaitan dengan segala aspek kehidupan perempuan, mulai di dalam rumah, komunitas, tempat kerja, ruang publik dan segala aspek kehidupan perempuan. 


Untuk membantu para pengambil keputusan memahami secara lebih komprehensif isu perempuan, maka Indonesia Beragam memperkenalkan 10 Agenda Politik Perempuan pada 2014. Buku Agenda Politik Perempuan telah disebarkan secara luas kepada perempuan di parlemen, kementerian lembaga, dan masyarakat luas agar bisa dipakai untuk monitoring maupun advokasi agenda perempuan. 


Kemarin, Indonesia Beragama mengadakan agenda pertemuan pertamanya pada di tahun 2020. Pertemuan ini berlangsung pada Senin tanggal 13 Januari 2020. Pertemuan itu juga mereview kembali 10 Agenda Politik Perempuan yang telah disusun sebelumnya, sekaligus mempersiapkan buku jilid 2 10 Agenda Politik Perempuan yang isinya antara lain sebagai berikut: 


  1. Pemenuhan Hak kesehatan Reproduksi dan Seksualitas (Kalmit) 

  2. Pemenuhan Hak atas pendidikan yang responsif gender dan inklusif (KAPAL)

  3. Penghentian segala bentuk kekerasan terhadap perempuan (KPI) 

  4. Pemenuhan hak atas perlindungan sosial yang responsif gender dan inklusif (INFID-PEKKA) 

  5. Pemenuhan Hak untuk hidup dalam rasa aman, damai, bebas dari ekstremisme (AMAN Indo)

  6. Pemenuhan hak atas pekerjaan yang layak bagi perempuan (MC, RGP) 

  7. Perwujudan Kepemimpinan Perempuan yang Berkeadilan Gender dan Pluralis (KAPAL) 

  8. Perwujudan tata kelola pemerintahan yang bersih dan Anti Korupsi (KPI)

  9. Penegakan atas perlindungan hukum yang bebas diskriminasi terhadap perempuan dan kelompok minoritas (Kalmit-AMAN Indo)

  10. Perwujudan keadilan lingkungan bagi perempuan (Walhi/ Solidaritas Perempuan)

Hadir dalam penyelesaian buku diantaranya adalah Koalisi Perempuan Indonesia (KPI), Kapal Perempuan, Migrant Care, Perkumpulan Perempuan Kepala Keluarga, Gemma Perempuan, AMAN Indonesia, Konde.com, Our Voice.


Terima kasih buat yang sudah hadir . 

*Dikutip dari tulisan Ruby Kholifah, https://womenandpeaceinindonesia.blogspot.com/

19 views